Jumat, 17 Juli 2015

Hidup Sesuai Jalan Tuhan

Jika anda percaya dengan Tuhan apapun agamanya, meskipun sedikit anda pasti mempunyai keyakinan akan adanya takdir yang telah ditentukan oleh tuhan. Dalam agama islam hal tersebut dinamakan dengan Qodo' dan Qodar, akan tetapi masyarakat indonesia terlebih orang jawa mempunyai satu kebudayaan tentang qodo' dan qodar yang disimbolkan dalam kalimat opo jare sing ngecat lombok (biarlah diatur oleh yang mengecat lombok / cabe).

Saya ingin sedikit bercerita mengenai jalan tuhan, sesuai dari hukum qodo' dan qodar yang ditetapkan oleh tuhan, seharusnya manusia jangalah mudah mengeluh atas seusatu yang terjadi baik buruk atapun jelek, sebenarnya baik dan buruk itu tidak ada, yang ada hanya penempatan pada posisinya atau tidak. Karena yang dikatakan kondisi baik menurut kita itu juga belum tentu baik untuk kita begitupun sebaliknya (vice versa).

Mengenai jalan tuhan, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha untuk menjalani hidup sebaik yang kita bisa karena sesungguhnya tidak ada yang berkuasa atas diri seseorang pun kecuali tuhan yang maha berkuasa dan maha mengijinkan segala sesuatunya terjadi.

Masih abu abu memang mengenai jalan yang tuhan berikan, tapi percayalah tuhan tidak akan membebankan sesuatu melebihi kemampuan orang tersebut dan sesungguhnya di kemudahan datang bersamaan dengan kesulitan yang menimpa. Karena tuhan pasti bertanggung jawab atas segala ciptaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar