Jumat, 06 Maret 2015

Hakikat Berkomunitas

Apa arti komunitas, mengapa berkomunitas, apa untungnya ikut komunitas. Sebelum mengikuti dan aktif dalam sebuah komunitas atau lebih, anda harus bertanya, terlebih kepada diri sendiri, mengapa saya ikut dalam komunitas ini dan lain sebagainya. Tulisan kali ini sebagai referensi dalam undangan dalam pertemuan komunitas, agar tidak melulu berbicara bahasan teknis.

Setelah saya mencari kata hakikat komunitas di google sangat sedikit orang yang membahas tentang hakikat dari komunitas, terlebih yang keluar adalah hal diluar dari topik pembahasan. Salah satu sumber yang menurut saya membahas hakikan berkomunitas ada di scribd itupun tidak dibahas secara lengkap, oleh karena itu saya ingin membahasnya menurut perspektif dan pendapat saya secara pribadi, berdasarkan pengalaman beberapa tahun +/- 6 tahun ini mulai dari tahun 2009.

Apa itu komunitas ?
Menurut sumber yang saya temukan diatas, komunitas berasal dari kata community atau secara harfiah disebut kumpulan manusia atau masyarakat, dalam hal ini kumpulan tersebut melingkupi bahasan yang spesifik maupun jumlah yang sedikit, dari komunitas tersebut terbentuklah susunan masyarakat yang lebih luas lalu yang melingkupi daerah sampai negara, itu menurut tafsiran saya pada malam hari ini.

Manfaat komunitas 
Menurut pepatah lama, ibarat sebuah lidi jika hanya satu buah akan mudah untuk dipatahkan, sedangkan segenggam lidi akan sulit untuk dipatahkan, seperti itulah perumpamaan komunitas, dan banyak sekali sisi positif dari komunitas.

Sementara itu dulu, semoga dapat menyambung di tulisan lainnya, dikarenakan waktu dan tenaga yang tidak memungkinkan, karena tulisan yang saya share hanya bagian luarnya saja, wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar