Sabtu, 14 Maret 2015

Kesengajaan Yang Tidak Disengaja

Terkadang kita melakukan perbuatan yang sengaja kita lakukan tapi sebenarnya kita tidak sengaja atau tidak ada niatan dalam hal itu, hal ini berlaku untuk tindakan atau tutur kata, dalam tutur kata secara pribadi hal ini sering sya lakukan, seperti kata kata yang membuat orang tersinggung meskipun awalnya kita tidak sengaja tapi tidak ada niatan hal ini kadang tidak bisa hilang tetapi ada kemungkinan untuk dimaafkan.

Kadang kita juga melakukan hal salah dalam perbuatan misal tidak sengaja usil menyapa seseorang, ternyata orangnya salah, atau mungkin juga kita menyentuh bagian tubuh seseorang yang ternyata sedang mengalami kesakitan yang sangat padahal kita tidak tahu dan tidak ada niatan

Mana yang lebih menyakitkan, ada yang menyebut perkataan yang salah, ada yng menyebut tindakan yang salah, yang mana kesemuanya belum tentu benar, siapa tahu orang yang disakiti tidak mau memaafkan atau mungkin tidak mau melupakan. Karena sesungguhnya di dunia ini tidak ada yang pasti kecuali zat yang maha pasti.

Oleh karena itu saya mohon maaf jika pernah punya tindakan yang menyakiti  baik perbuatan dan perkataan ataupun perbuatan dan perkataan, karena manusia memang tempatnya salah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar